Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Saturday, April 12, 2008

Kelas Kuda

Menurut Oetari (1990), kuda digolongkan menjadi kuda tunggang atau karena ukuran badannya lazim disebut kuda ringan (beratnya hanya antara 400 sampai 600 kg, dengan tinggi pundak antara 145 sampai 170 cm); kuda tarik (berat biasanya di atas 600 kg dengan tinggi antara 145 sampai 175 cm) dan poni (berat antara 200 sampai 400 kg dan tinggi sekitar 145 cm). Kuda ringan dapat digolongkan menjadi 7 kategori.

Kategori yang paling banyak dari kuda ringan adalah yang disebut three gaited horse. Disebut demikian karena latihannya diarahkan pada pengembangan ketrampilan berjalan, yang terkenal dengan 3 cara berjalan yaitu walk, trot dan canter. Kuda yang termasuk dalam three gaited horse adalah American Saddle Horse, Morgan dan Arabian. Namun demikian kuda-­kuda lain yang memiliki kemampuan tinggi juga dapat dimasukkan pada kategori ini.

Kuda yang termasuk golongan five-gaited horse, di samping ketrampilan walk, trot dan canter juga diperhatikan slow gait dan rack. Dua hal yang terakhir itu sangat sulit untuk diajarkan, hingga kuda yang termasuk kategori five gaited horse biasanya harganya jauh lebih mahal. Kuda-kuda ini umumnya termasuk dalam registrasi American Saddle Horse.

Walkinghorse kebanyakan terdiri dari satu bangsa. Kuda yang termasuk dalam Tennessee Walking Horse yang dikembangkan oleh para pemilik perkebunan di Tennessee, menempati tempat yang cukup unik dalam kontes atau pameran kuda dan merupakan salah satu jenis kuda yang populer dalam hal kecantikan dan kemampuannya beratraksi.

Stock horse diturunkan dari kuda mustang dan tidak jelas cara pemuliaannya. Ini merupakan kelas paling besar dari kuda ringan Yang jumlahnya di Amerika Serikat mencapai 400.000 ekor. Banyak stock yang tercatat sebagai Quarter Horse atau setidaknya yang disebut half atau quarter bred. Beberapa di antaranya juga mempunyai darah Morgan. Kuda Polo poni yang pernah suatu saat sangat populer, sekarang terbatas pada orang-orang tertentu saja karena harganya yang mahal. Biaya pengangkutan, latihan, pakan dan pengeluaran-pengeluaran yang lain cukup besar hingga popularitasnya terbatas pada orang-orang kaya saja.

Hunter dan Jumper biasanya merupakan bagian dari bangsa Thoroughbred. Hampir di setiap negara bagian di Amerika Serikat mempunyai organisasi pemburu serigala dan bangsa Thoroughbred atau Half Thoroughbred sangat ideal untuk tugas perburuan tersebut.

Kuda Balap merupakan jenis kuda yang banyak peminatnya. Di Amerika Serikat balapan kuda Thoroughbred memperlombakan jarak sejauh 6 furlong (= 0,75 mil) sampai 2 mil baik di permukaan rata maupun menanjak, atau sampai sejauh 4 mil di kawasan hutan atau semak. Bangsa Standarbred dan Morgan diperlombakan dengan beban jarak 1 mil. Kuda Quarter Horse hanya dilombakan sejauh 0,25 mil.

No comments: